Ad Code

Responsive Advertisement

Membuat Hotspot menggunakan Router Mikrotik

hai. ini postingan yang kedua untuk hari ini. postingan ini akan membahas tentang bagaiman membuat Hotspot menggunakan Router Mikrotik. langsung saja kita praktekkan langkah-langkahnya.

sebelumnya kita harus terhubung ke internet terlebih dahulu. tutorial untuk menghubungkan ke internet menggunakan Router Mikrotik dapat klik DISINI "Menghubungkan PC ke Internet Menggunakan Router Mikrotik"

1. Langkah pertama kita akan menambahkan hotspot. Dengan cara pilih menu wirelles > klik 2 kali pada wlan1 > wireless > mode = ap bridge, band = 2GHz-B/G/N, Frequency = pilih yang belum banyak digunakan dan lebih kecil lebih baik, SSID = (terserah), tetapi disini saya isi dengan Wifi GURU.


2.  kemudian kita tambahkan ip address untuk wlan1. Dengan cara klik IP > Address > klik ikon plus “+” > address = 10.10.10.3/24, network = 10.10.10.0, interface = wlan1.


3.  kemudian kita diharuskan untuk memnyiapkan hotspot. Dengan cara klik IP > Hotspot > Hotspot setup. Lakukan langkah-langkah seperti berikut:








NB :  a. Untuk DNS Name ini digunakan untuk login ke wifi yang kita buat. dns tersebut menggantikan ip saat masuk ke wifi. jika di kosongkan, maka saat kita haruslogin ke wifi, kita perlu memanggil ip hotspot di URL web Browser, tetapi karena disitu saya isi login.guru, maka kita hanya perlu mengetikkan login.guru pada URL di browser.
b. Untuk Name local hotspot user digunakan untuk login hotspot. jadi disini user = admin. kemudian untuk password, ini juga diperlukan untuk login ke hotspot.

4. hotspot sekarang sudah siap. Sekarang uji hotspot. disini saya uji dengan HP. dan hidupkan wifi di HP, cari Wifi yang dibuat tadi dengan nama Wifi Guru.


5. kemudian kita buka browser, dan ketikkan URL : login.guru. akan tampil tampilan seperti berikut :


6. Kemudian kita isikan data, login = admin, password =**** (password yang kita buat tadi).

7. Kita coba loncat ke Google, dengan ketikkan URL : google.com. maka akan tampil-tampilan seperti berikut:



sekarang saya telah berhasil membuat hotspot dengan menggunakan Router Mikrotik. terima kasih telah berkunjung, selamat mencoba dan semoga membantu.

Post a Comment

0 Comments